Selasa, 30 Januari 2024

Pengalaman dan Latihan Test, Interview, Wawancara PT Shopee Indonesia


        Shopee merupakan salah satu perusahaan e commerce di Asia Tenggara, dan visi shopee sendiri mobile marketplace dengan tujuan dapat menyentuh seluruh lapisan masyarakat melalui aplikasi android yang tersedia di playstore. Saya ingin share pengalaman interview dan test kerja di shopee walaupun gagal saat tahap test atau mengerjakan soal. Kebetulan waktu itu dapat email dari HRD langsung, sebelumnya sudah daftar di EXPO UI. Cukup lama dapat panggilan kerja dari shopee tapi akhirnya dapat balasan juga dan posisi yang ditawarkan adalah sebagai operation. operation disini dapat dikatakan sebagai CS (Customer Service) tapi dibagi dalam beberapa divisi jadi nanti akan ditempatkan sesuai dengan keahlian kita. Intinya kita melayani keluhaan, pertanyaan dll dari pelanggan. 
     
      Kondisi saat test memang kurang sehat, namun saya putuskan untuk tetap berangkat karena itu sebuah kesempatan yang baik. Jangan lupa untuk membawa CV, fotocopy KTP, dan alat tulis (tenang tesnya pakai pulpen tidak pakai pensil seperti UN). KTP asli juga bawa ya untuk registrasi dan mendapat ID card untuk naik ke lantai atas. Langsung saja, jadi tahapan yang kalian bakal lalui adalah:

1. Interview HRD

2. Tes koran/ Panker 

3. Tes benar atau salah

4. Tes Psikotest berupa gambar

5. Interview User dan General Manager

#buat yang mau soal latihannya (test kotan, psikotest dll) bisa wa ke 082299125557 ada adminnya ya. Bnyak yg udah lolos

      Dalam interview HRD, pada saat saya test yang kebetulan pesertanya banyak kurang lebih 50 orang. Untuk mempersingkat waktu mungkin interview dilakukan langsung 3 orang dengan 3 HRD yang mungkin akan ada pertanyaan berbeda setiap HRD, jadi disini kalian siapkan saja jawaban yang sekiranya meyakinkan. Tapi secara umum kalian akan ditanya profile diri, kegiatan keseharian, aktifitas organisasi selama kuliah, dan alasan melamar kerja di shopee tentunya. Lanjut tahap berikutnya disini usahakan kalian saya sarankan untuk sarapan dahulu agar tetap konsentrasi selama test. Dalam test ini kalian akan menjumlah berurut ke bawah dan usahakan menjawab secara cepat atau konsisten dalam mengerjakannya. Test ini bertujuan untuk melihat bagaimana (kecepatan kerja, keajegan/komitmen kerja, work under pressure,dan ketelitian). Dalam test ini juga waktu ditentukan oleh HRD dan setiap beberapa menit akan terdengar susara dari HRD "garis" perrintah untuk mengaris jawaban yang kita hitung. Pokoknya kalian harus fokus pada soal kalian sendiri. Nah setelah test selesai langsung diumumkan yang sesuai dan presentasi atau grafiknya sesuai dengan shopee maka akan dinyatakan lulus dan maju ke tahap berikutnya.
     
         Tahap selanjutnya adalah tahap test benar atau salah, nah disini kalian akan diuji ketelitian dan melihat beberapa kalimat sudah sesuai EYD atau belum, jika sudah sesuai tulis benar dan jika salah tulis salah.  Lanjut ke Test Psikotest yang isinya gambar-gambar yang membuat pusing tapi ya mesti dijalani. setelah tes selesai kita pulang dan menunggu konfirmasi atau balasan dari HRD apakah kita diterima dan sesuai berdasarkan tes dll. Jika dapat konfirmasi maka kita lanjut ke tahap berikutnya yaitu Interview User atau General Manajer. Disini intinya kalian akan ditanya hampir sama dengan interview HR dan disini juga jadi penentu kalian masuk atau tidak. Usahakan bersikap percaya diri dan sampaikan sesuai dengan CV kalian dan tunjukan bahwa kalian sangat ingin menjadi karyawan shopee dan memang berminat untuk mengisi pekerjaan tersebut. 

Testimoni untuk latihan soalnya udah banyak yg lolos



101 komentar:

  1. Selamat siang, kalau boleh tahu. Saat gagal tes yg pertama kali kira2 diberitahunya berapa lama ya? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hay kak apa besok kamu ada panggilan jg dari shopee?

      Hapus
    2. tidak lama kok, jadi saat itu saya gagal di test koran. untuk pemberitahuan via email biasanya malamnya atau besok.

      Hapus
  2. Malem mas, saya hari jumat ada panggilan test posisi jadi warehouse agent, kira kira testnya sama atau engga ya? Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau tadi saya tes posisi customer operation cuma tes hitungan matematika dasar. setelah itu boleh pulang dan di email malam ini lanjut untuk ke tahap interview hrd.

      Hapus
    2. malam juga, mungkin hampir sama. coba latihan psikotest saja. soalnya saya liat untuk departemen lain seperti content dll melalui test yg sama. sukses untuk interviewnya

      Hapus
  3. Halo!! Mau nanya nih mas, kalau pemberitahuan diterima atau tidaknya setelah interview tahap terakhir general manager biasa berapa lama ya? Thank you :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo juga,,biasanya sih menunggu 1-2 hari kerja via email. soalnya Saya dulu setelah general manager/user malamnya langsung di konfirmasi. sukses ya...:)

      Hapus
    2. Sore mas klo ngelamar di shopee via apa yaa?

      Hapus
    3. iya sorry baru bales, bisa via web https://careers.shopee.co.id/. pilih saja pekerjaan yang sesuai dengan kamu. sukses ya

      Hapus
  4. Halo mas mau tanya,saya sudah sampai tahap akhir,tapi pas hari ini tepat dua minggu setelah test itu,cuma blm ada kabar,baikny gmn ya?,soalny cukup lumayan lama 2 minggu,makasih mas sebelumnya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, Wildan!
      Kalo boleh tau, km melamar sbg apa ya?
      Saya juga nih, bbrp hari yg lalu sudah interview user, smp saat ini belum ada keputusan, pdhal rekan saya yg lain sudah menerima, baik yg diterima, maupun tidak.

      Hapus
    2. Hi Chanchut, rekan kamu yang udah diterima itu yang bagian apa ya? bisa infokan? soalnya saya juga udah di email cuman masih ngegantung gitu.

      Hapus
    3. hi wildan..maaf baru sempat bales, biasanya langsung diinfoin kok sore atau malemnya.cek d spam email atau konfirm hrd via email. iya terkadang gantung juga biasanya kalo itu d kabarin pasti. thanks

      Hapus
  5. Ngelamarnya via apa yah kalo di shopper?

    BalasHapus
  6. hi mas,
    mau tanya dong interviewnya in english atau bahasa yaa?
    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya in bahasa tergantung kebijakan hrd juga

      Hapus
  7. Mas mau tanya, kalau apply lewat web itu yang akan di berikan info/email lebih lanjut itu yang keterima & ga keterima, atau hanya akan ada email keterima aja bagi yg diterima?

    BalasHapus
  8. Iya biasanya kalo yg sesuai akan d konfirm by email. Kalo nggk ya belum rezekinya

    BalasHapus
  9. Ada yg dpt undangan interview dan test utk posisi Business Development - Middle Tail Relationship Management (Seller Incubation) hari selasa 7 Mei nanti?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya, tapi saya Business Development bagian lainnya. Ada yang tau tesnya seperti apa? Apakah sama dengan bagian operation ini?

      Hapus
    2. Eh sama dong! See you there

      Hapus
    3. hi, sudah jd bagian shopee atau gimana skrg? boleh info/ cerita interview and test nya? :)

      Hapus
  10. Tes nya pakai hitam putih apa kemeja biasa?

    BalasHapus
  11. Hello mas, mau tanya dong kira2 untuk menunggu kabar panggilan kerja bagian warehouse agent berapa lama ya, saya sudah lolos interview dan test nya, tetapi sampai saat ini belum ada kabar lagi soal panggilan kerja. Mohon dibantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung, biasanya nunggu 2-3 hari. tapi malamya setelah test biasanya langsung di infokan

      Hapus
  12. Sama juga ini,.saya juga blm ada kabar lagi dari shoppe setelah interviuw,.kira2 ada yg tau ga pasti dikabarin lewat email lagi apa ngga,.thx

    BalasHapus
  13. Halo kak saya Amalia. Hari Senin tanggal 12 Agustus kemarin, saya sudah interview user untuk posisi Business Dev Intern. Kalau boleh tahu dari interview user sampai dikabari diterima/tidaknya berapa lama ya? Makasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi juga maaf baru sempat balas. iya biasanya nunggu 2-3 hari kalo tidak lolos pasti d konfirmasi via email

      Hapus
    2. halo Amalia, boleh tau gak kamu interview nya pakai bahasa inggris atau indonesia?

      Hapus
  14. hi ka, kalo operation sama know your customer sama ga yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo ka, apakah kemarin di posisi ini lolos ?

      Hapus
  15. Saya udh interview user Minggu kemarin tapi blm ada kabar lolos atau gak nya emang lama ya jarak antara interview user sama pemberitahuan lolos atau tidaknya ?

    BalasHapus
  16. Maaf untuk interviewnya menggunakan bahasa Indonesia atau Inggris ya?

    BalasHapus
  17. Halo mas ,saya besok ada interview warheous di shope ,kira'' test nya apa aja ya ,susah ngga ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengumuman berapa lama ya shoppe dari tahap test ke interview Gudang Agent

      Hapus
    2. Sama mas saya juga ikut test di bagian gudang kemarin, sdh mengikuti 2kali tes. Tpi smpai saat ini belum ada konfirmasinya lagi dari via shopee nya

      Hapus
  18. Mas mau tanya, kalau untuk posisi content kerjanya full timer atau shifting time? Trus senin-jumat aja atau bagaimana?

    BalasHapus
  19. Halo mas saya besok ada panggilan di sopo tower kuningan,saya di bagian sorting centeroperator apah yah ka?dan testnya apah ajah yah ka?infonya dong ka

    BalasHapus
  20. Hai, saya baru aja dapet panggilan interview untuk posisi Content, dan dituliskan Written test, apa akan ada test excel seperti posisi admin juga?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. GK ada kok, paling nanti ada typing test

      Hapus
    3. Hai ka saya test di bagian yg sama, kalo saya boleh tau, kapan kaka test ?

      Hapus
    4. Hai ka putri, saya test di bagian yg sama kalo boleh tau kapan kaka test ?

      Hapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. Jam kerja bagian warehouse agent dari jam berapa sampai jam berapa ya?

    BalasHapus
  23. Saya sudah interview HRD online bulan April ini, cm blum ada keputusan...udah seminggu sih, kira2 yg ga lolos akan dikabari juga ga ya? Thx.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, interviewnya lewat video call?

      Hapus
    2. mas tes psokotes nya online kan ya

      Hapus
  24. Pagi mas, saya kemarin udh lulus dokumen yang lain nya posisi jadi warehouse agent, kira kira panggil nya selanjutnya kapan iya min Terimakasih sebelumnya min;)

    BalasHapus
  25. Saya sudah lulus tes tulis sama dokumen yang lain lewat email bulan April ini, cm blum ada keputusan
    Selanjutnya ...udah dua minggu sih, kira2 kapan selanjut nya kapan panggil lagi ya min ?

    BalasHapus
  26. bro mau nanya shoope untuk saat ini test nya melalui online dikarenakan corona kira2 test onlinenya masih sama gak ya?

    BalasHapus
  27. Ada yg tau contoh soal math test nya shopee gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insyaallah mudah kok. Cuma ganjil genap dan deret angka seperti psikotes PT lain 🙏

      Hapus
    2. Maaf mau nanya saya kan lulus test pertama ya terus disuruh test lagi, kalo boleh tau test yg kedua itu contoh soalnya seperti apa ya ?

      Hapus
  28. Alhamdulillah hari ini interview tes dgn HRD shopee bagian customer operation. Semoga lolos ke tahap selanjutny.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lolos kah ka? Karena tadi juga saya ada interview hrd hari ini

      Hapus
    2. Pake english atau bahasa indo ya interviee hr nya?

      Hapus
    3. Interview nya pakai bahasa Inggris atau indo ka ?

      Hapus
  29. Saya sudah melalui tahap interview HR 2 minggu yg lalu, tapi sampai sekarang belum ada email lanjutan diterima/tidak. Padahal teman2 saya sudah ada yg diterima diposisi yg sama dengan saya. Kira2 saya harus hubungi tim HRnya melalui apa ya untuk minta konfirmasinya? Trims

    BalasHapus
  30. Kalo cross border agent itu jobdesknya kaya gimana ya ka?

    BalasHapus
  31. Mas. Saya ada panggilan buat psikotes. Boleh minta contoh soalnya. Buat belajar sblm tes nya..

    BalasHapus
  32. hai rebecca... kbtulan saya juga ada panggilan psikotest online hari ini. kamu apply untuk posisi apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai indah, saya juga ada panggilan psikotest online hari ini bag customer service agent operation. kamu sudah melakukan psikotest online nya hari ini ?

      Hapus
    2. sudah mba.... tapi blm tau hasilnya sprti apa

      Hapus
    3. hai mba indah saya ada panggilan psikotes online besok, kira-kira bagaimana tesnya? apakah tau mengenai informasi interview nya apakah english atau indonesia? trims

      Hapus
  33. Hai semua, adakah yang akan psikotes online pada hari kamis 17 september besok, untuk posisi Skip Tracer? Yang sudah ada pengalaman untuk tes posisi ini kira kira sama tidak ya testnya.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Easy bg kok itu tp pas bgian interviewnya aku ga lolos

      Hapus
    2. gimana gan testnya? harus nyari-nyari nomer orang nggak?

      Hapus
    3. Kl online skip tracing pernah ikut tesnya gak ? Tips dan triknya gmn ya

      Hapus
    4. mau nanya dong kak, test nya kayak gimana ya? maksud nya cari nomor gimana ya?

      Hapus
  34. halo ada kah yang udah pernah lolos atau sampai tahap tes posisi cross border agent? untuk tes english sama typing tuh gimana ya maksudnya? mohon informasinya. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, untuk test English seperti test mini TOEFL dan typing test kecepatan mengetik.

      Hapus
    2. Tes psikotes untuk posisi Cross Border Agent susah gaak? Kira2 kayak gmn psikotesnya?

      Hapus
    3. Tes psikotes untuk posisi Cross Border Agent susah gaak? Kira2 kayak gmn psikotesnya?

      Hapus
    4. untuk cross border agent interviewnya in english atau in bahasa?

      Hapus
    5. Hi kak, aku mau tanya ttg psikotes apa aja yg dilakuin untk posisi cross border agent.. mungkin bisa sharing? Kebutulan aku dapet undangan psikotes diposisi itu:)

      Hapus
  35. Untuk tes psikotes posisi Cross Border Agent susah gaa? Lalu bentuk soalnya seperti apaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pekerjaan cross border agent seperti apa dan tesnya juga seperti apa? Mohon di bantu jawab .. Terima kasih

      Hapus
    2. Apa ada yg udah pernah interview cross border agent?pakai bahasa apa yaa?

      Hapus
  36. Hi, untuk interview cross border agent bahasa inggris atau bahasa indonesia ya?

    BalasHapus
  37. haloo mau nanya kira2 gaji utk posisi customer operations itu brp ya?

    BalasHapus
  38. Hallo,Saya dapat panggilan tes online esok untuk posisi customer operation. Untuuk tes online nya via apa ya zoom atau apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, aku juga ada panggilan untuk posisi customer operation, tesnya sudah atau belum ka? Dan tesnya lewat apa

      Hapus
    2. Hallo, aku juga ada panggilan untuk posisi customer operation. Hari ini aku online psikologi test.. Boleh minta tolong email saya :ajizenemi1@gmail.com

      Hapus
  39. Suamiku di WA HR nya, langsung test exel bagian ops support shopeefood kemarin sore jam 4 . Skrg belum ada kabar. Apa karna ini tgl merah? Dan sabtu minggu jg tanggal merah ya?

    BalasHapus
  40. Ada yang sudah lulus tahapan demi tahapan bagian skip tracer? Kalau sudah ada bisa kah sharing2 ke saya? Terima kasih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hii aku juga baru ni . Km uda test ?

      Hapus
    2. aku udah dapat tes untuk yang kedua nih, kamu udah lulus kah?

      Hapus
    3. hii hari ini aku tes psikotes nyaa, tips nya donggg

      Hapus
  41. Hii,tadi aku selesai tes psikotes magang warehouse shopee.kira² untuk nunggu info selanjutnya lama ga ya?

    BalasHapus