Sabtu, 12 Agustus 2023

Pengalaman Walk Interview Home Credit Bingung Ambil Atau Enggak??


    


        PT Home Credit? mungkin dari kalian pernah dengar dan bahkan mungkin sudah menjadi salah satu konsumen salah satu perusahan yang bergerak dibidang kredit atau pinjaman uang. Banyak diantara kita yang bertransaksi demi mendapatkan barang yang diinginkan walau kredit yang penting keliatan keren. Basa-basinya udah dah lanjut ke intinya aja, jadi pas lagi nyari kerja karena sebelumnya resign dari kantor karena sakit lambung dan  itu bener-bener gak nyaman banget padalah mayan kan kerja di shopee hehe. Next terus iseng buka berbagai aplikasi pencari kerja online mulai dari jobstreet, sampe aplikasi yang banyak spam alias rekruitmen yang nipu-nipu (mencari uang dengan cara tidak halal gak sih). Akhirnya nemu job di OLX dan dari home credit, yang tergambar di benak gua tuh wih pasti enak nih udah terkenal perusahaan dan lokasinya juga cukup dekat dari rumah. Akhirnya gua apply dengan WA pengiklan dan langsung suruh isi form google dan di kasih jadwal buat interview (oh iya sebenernya ini lamarannya walk in, jadi datang langsung juga oke-oke aja).

      Langsung dah tanggal berapa gitu lupa, datang ke plaza oleos, iya yang ada di tb simatupang yang kalo lewat tol pasti keliatan yang jauh dari tempat makan murah dll wkwkw (jujur) oh iya gua datang kesini pagi banget dan menurut gua untuk segi keamanan gedung udah oke udah kayak dibandara dah. next gua bilang ke salah satu satpam gua mau interview home credit dan gua suruh ke resepsionis buat ngasih ktp dan minta visitor card buat kelantai 28. Udah keatas taunya tempanya bukan disitu guys, malah di marketing galery tempat di lantai 1 dan tempat resepsionis itu berada. Guanya gak ngeh ada tulisannya padahal dan pas sampe marketing galery udah bejibun parah dan senggol kanan kiri rebutan scan barcode buat isi form lagi dan tanda kaki eh tangan deh buat absen. nah job yang lagi dibuka dan diiklanin itu banyakan deskcall sama sama yang suka nagihin duit itu loh apa ya namanya lupa dan juga call center. Gua ambil desk call karena kerjanya office our selain itu biar pulang bisa nyantai dan bisa ngumpul bareng keluarga di rumah.Langsung ke prosesnya aja ya biar kalian langsung paham:

1. Absen dan isi Form Google 

2. Duduk dan ada edukasi juga pemberian materi seputar perusahan jobdesk dan pokoknya materi umum (btw pembawa materinya kayak rina nose loh kalo dari jauh)

3. Dipanggil satu persatu buat typing tes (di uji nih kita ngetiknya cepet apa nggk, bukan uji nyali ya)

4. Keluar dan diumumin langsung yang lolos apa nggak juga langsung dikasih materi tentang gaji, karir dkk

5. Nah kita nunggu dan berasa di PHP in banget karena lama banget pengumuman keterima apa nggaknya. Sampe gua dan temen yang ikut walkin muterin gedung wkwkw *lebay. Akhirnya di umumin dan temen gua ini gk lolos dan langsung balik. gua lolos dan suruh masuk ruangan

6. Dalam ruangan itu suruh ttd dan isi form sedikit nama dll. terus dikasih tau training dll selama 21 hari. magernya

#buat yang mau contoh soalnya bisa wa ke 082299125557 dan free e-book 

      Intinya simple dan cepet karena walkin kali ya. tapi nunggu pengumuman lama gua start atau datang jam 9an dan kelar jam 4 sore dan itupun balik di luar hujan, tapi hajar aja. Menurut gua sih materi, penyampaian dll udah oke tapi rada bertele-tele prosesnya dan kurang terbuka dari segi gaji dll gak sesuai iklan loker. Buat kalian yang emang bener-bener minat jalanin aja dah ya untuk karir oke lah dan harus survive juga dan mencapai target (desk call). Saran mending kesini naik angkutan umum dah jangan bawa motor, parkirnya mahal banget bisa ampe 20 rebu loh, mayan kan buat makan apa ngisi bensin atau apa. Btw ini bener-bener suasananya kek sunatan masal karena banyak banget yang daftar. Susah nyari tempat duduk dan gak boleh jongkok apalagi kayang di dalem gedung alesannya karena mengganggu pemandangan kyaknya. Gua balik dan masih mikir-mikir untuk ambil karena kenapa kurang terbuka sih jadi gak ngeh, selain itu alasan gua gak lanjut dan gak ikut training karena bentrok sama ngajar. dah sekian itu aja semoga bermanfaat buat para pencari kerja... 

107 komentar:

  1. Maaf saya ingin nanya untuk gajinya brp ya? Apakah umr?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru balas, untuk awal pertama dibawah umr (selama masa training) kalau sudah lewat masa traning 3 bulan langsung naik

      Hapus
  2. Tgl gajian nya tgl brapa ya soalnya ga di kasih tau

    BalasHapus
  3. Gan mau nanya tentang seleksi tahap ke 2 materinya apa ya

    BalasHapus
  4. Test typingnya harus 10 jari ka?

    BalasHapus
  5. Mau nanya untuk alamatnya yang di cempaka putih apa kaya gini juga ya?

    BalasHapus
  6. Mau nanya tgl 18 maret besok ada yg diundang buat interview di dkt pasar minggu ga ya?

    BalasHapus
  7. untuk skrng masih ada walk interview gak ya kak
    serius nanya

    BalasHapus
  8. Mbanya ngelamar sebagai apa ya mohon maaf?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga udh sampe tahap training sebagai desk call. Tapi mengundurkan diri karna training nya masih proses seleksi dan itu lama bgt 2 Minggu lebih cuma training doang yg blm tentu lolos

      Hapus
  9. Aduh maaf nih telat masuk sini, tapi saya baru dapat undangan zoom interview di bidang desk agent, yg mau aku tanyaain kira" desk agent itu sama gk sih harus ada target gitu (karena kau gk salah yah desk agent dan desk call sama" calling orangg bukan)? Maaf kalau salah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kaka udah zoom interview kak?gimana kak hasilnya?ngapain aja kak?saya ada jadwal nanti jam 2 kak zoom interview..

      Hapus
    2. Kak gimana hasilnya? Udh tau blm dia kerjanya target apa ngga?

      Hapus
    3. iya bener kak hasil nya gmna ditarget atau nggak kak?

      Hapus
    4. Ka aku bsk ada interview zoon nih, mau tanya itu kan di suruh ngirim dokumen, nah untuk semua dokumennya di jadiin 1 atau pisah2 ya dalem bentuk jpg nya?

      Hapus
    5. Halo kak gmn hasil zoom interviewnya? Kebetulan hari ini jam 1 siang nanti aku juga ada panggilan zoom interview

      Hapus
  10. Sama nih saya juga di undang zoom interview job nya desk Agent jam 3 sore dan tadi saya ada tanya ke Sales Agent manager saya dulu katanya "dibalik meja telp Cust" cuma yang aku bingungin itu dia target atau ngga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana kak? Udh tau belum dia kerjanya target apa ngga? Soalnya aku juga dapet undangan zoom interview sebagai desk agent

      Hapus
    2. Desk call atau dest agent itu pakai target

      Hapus
  11. Iya saya jg dpt undangan zoom interview Job Nya Desk Agent hari ini jam 3 memang bener ya traning 2 minggu masih tahap seleksi,blm tentu masuk,. Apa itu bener ya.??

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi siang,boleh cerita bagaimana tahap seleksi di zoom untuk pra interview nyaa?

      Hapus
  12. Maaf mau nanya nih itu di training 2minggu tapi ttep dapet gaji kan ya? Kalo gajinya sendiri disana kira2 berapa?

    BalasHapus
  13. Ituu kalo gk capai target tetep dpet gaji pokok atau gk yaa?

    BalasHapus
  14. Saya tgl 17 zoom training.. kira2 materinya apa ya?

    BalasHapus
  15. Sama nih saya juga. Tapi memang di email nya tertera disitu besok jam 2 siang akan ada zoom meeting gitu mempersiapkan training pada hari rabunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaa ka aku juga training tgl 16 nya Kaka juga??

      Hapus
  16. Saya ada interview via zoom untuk menjadi kolektor lapangan, itu gimana ya gajinya ada yg tau?

    BalasHapus
  17. Desk agent/desk coll sama aja, traing di gaji ko tapi kalo lolos, kalau di pertengahan ngga lolos/ngundurin diri baru tuh ngga di gaji, kalau di terima ada gaji pokoknya juga,kalau dapat target dan intensif nambah lagi tuh gaji. Training 16 hari guys blm pasti lolos juga

    #bantu jawab

    BalasHapus
  18. Gaje banget ya hci .. Hem training ya lama bgt. Dimana2 mah training cuman 2 hari dan itu pun dinyatakan lolos, lah dsni training lama belum tentu lolos ��

    BalasHapus
  19. yg udh zoom interview maret'21 ada yg lolos kah? kalo ada bisa barengan ke office nya yg cabang simatupang

    BalasHapus
  20. Desk call itu jam kerja nya pake shift ga si?Dpt panggilan interview juga tapi ragu, takutnya shift karena sambil kuliah malam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Info dari temen yg udah disana jam kerja nya shifting mbak, ada 2 shift, jam 06.45-14.00 dan 14.00-21.00

      Hapus
    2. Sama saya juga sambil kuliah malam

      Hapus
  21. Saya bsk ada pra interview. Yang udah pernah bagi pengalaman nya please baru kali ini virtual interview

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sy jg bsuk ada pra interview jm 9 pagi di HCI.. yg udh interview bagi pengalamnnya donk..

      Hapus
    2. Sama sy jg bsuk ada pra interview jm 9 pagi di HCI.. yg udh interview bagi pengalamnnya donk..

      Hapus
  22. Saya juga bsok ada interview online desk agent jam 1 di HCl,yg udh interview bagi pengalaman dong.

    BalasHapus
  23. Aku juga lagi training nih udah hari ke 9 sbg desk agent. Jadi di HCI ada 16 hari training ya, di 2 hari pertama namanya PET nanti akan langsung ditentukan apakah lolos untuk tahap selanjutnya NHT 9 hari, kalo lolos lagi next tahap OJT. selama training kita belajar teori gimana cara tlp klien, karna HCI terdaftar OJK jd harus berattitude ya ga asal tlp yg keliatannya gampang. Kerjanya shift 6.45-13.45 dan 14.00-21.00 . Sallary belum UMK ya, tapi kalau target ada insentifnya. Selama training kalo mengundurkan diri ditengah, atau gak hadir itu dianggap gagal dan gak dapet fee, kalo gagal juga gak dapet. Menurut pengalaman yg lain juga ditahap OJT yang masih training itu, kita harus dapet orang yg mau bayar hutang atau janji bayar ke kita, kayaknya sih itu jadi salah satu penentu lolos/enggaknya. Nah kalo udah jadi mitra HCI, kita dalam sebulan harus target ya, kalo gak ada target kita dapet SP. Nah SP itu berlaku kelipatan ya dibulan selanjutnya gak target lagi bakal dapat sp lagi, jadi jenjang karir disini ada banget, tapi kalo kalian gak bisa target kayaknya ga akan lama juga. Oiya disini setelah akhiri penelponan harus bisa ketik hasil penelponan singkat sih tapi dalam waktu 15 detik jadi goodluck gais, disaranin jangan gagap teknologi yahhh karna memang kita tangan kanan pegang mouse dan kiri stand by keyboard, mata harus fokusss. Btw jam kerjanya jadi 5jam 45 menit doang karna kan kepotong kalian istirahat dll, tapi itu kalian nonstop yah nelponin klien. Good Luck, setiap hari pagi dan siang selalu ada yang training dan semakin hari, makin sedikit jumlah orangnya. Ada yang ngedown pusing kebanyakan teori, ada yang males takut php, ada yang udah keburu dapet kerjaan lain. Banyak dehhhh. Oiya btw teori yg aku catet udah satu buku kampus yg panjang itu lhooo, tapi menurutku kalo kalian ga keterima, ilmunya bermanfaat banget, dan kalo kalian keterima bisa buat batu loncatan juga karna lulusan HCI pada nyangkut tuh diperusahaan besar kayak shopee pay later dll.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalw memiliki logat gimna kk? Dan trainingnya online atau dikantor?

      Hapus
    2. btw kaka sudah beerapa lama kak lolos kah kak?

      Hapus
    3. Kalau ada logat gapapa kok karna memang tidak bisa hilang gitu aja. Asal saat penelponan pake bahasa indonesia dengan jelas. Aku lolos yah tahap NHT, Nanti ada on job training 5 hari ada targetnya jadi yang capai target lolos. Good luck, cari kerja lagi susah, kalo kamu dihubungin HCI jangan disia-siain yah:)

      Hapus
    4. Pas banget habis sahur dpt wa interview, ragu mau ambil apa tidak. Kerja target brban banget bagi aku. Tp nyari krrja juga susahh bgtt

      Hapus
    5. Oh kak, jadi training juga belum tentu lolos ya kak sampe akhir? bisa aja di PET/NHT/OJT ga lolos?

      Hapus
    6. untuk hari kerjanya itu dari hari apa sampe hari apa aja ya?

      Hapus
    7. Btw kalo bukan gaji nya UMK boleh tau GK gaji nya berapa ?soalnya buat pertimbangan nih..mohon jawabannya ya🙂

      Hapus
    8. kak untuk desk collection itu gmn ya kerjanyaa? ada yg tsuu?

      Hapus
    9. jam kerja kalau udah jadi pegawai tuh 6 hari kerja 1 hari libur (random)
      untuk gaji 2.3 belum termasuk bonus.
      job desk nya tuh nelponin orang yg wajib bayar tagihan sebelum tanggal jatuh tempo dan yg di telpon tuh banyak

      Hapus
    10. Kak mau nanya, kalo desk collection ada penahanan ijazah gak?

      Hapus
  24. aku juga baru dapat tes interview online ka.. tapi aku kuliah malam kira2 tetap lanjut atau engga ya karena kan katanya shifting

    BalasHapus
  25. Besok saya NHT Day 5 Offline. Do'ain ya temen temen. Tapi emang materinya banyak bgt asli sampe pusing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ka, Mohon informasi nominal target biar lulus OJT atau NHT 5 hari offline itu berapa juta?

      Hapus
  26. Pas interview yg ditnyain apa aja ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gaada interview ya, cuma proses seleksi menurut form yg diisi aja, nanti dari situ hrd nya invite grup wa kalo kamu lolos. Ngelamarnya via jobstreet. Btw aku udah ikut OJT tapi gak lolos hehe, karna ada beberapa pertimbangan ga cuma target tapi alur penelponan gabole ada yang kelewat. Gak dapet fee juga ternyata. Semangat yang masih mau gabung hci wkwk

      Hapus
    2. Serius gada interview kak? Soalnya saya dapet buat undangan interview via zoom

      Hapus
    3. Mohon informasi nominal target biar lulus OJT atau NHT 5 hari offline itu berapa juta?

      Hapus
  27. ada yang besok tgl 6 mei jam 14.30 di undang join zoom ga buat interview job desk agent juga??

    BalasHapus
  28. Saya jugaa wkwk liat disini jadi ragu :')

    BalasHapus
  29. Saya juga tgl 6 mei jam setengah 3

    BalasHapus
  30. kak mau tanya dong interview tentang field collection ditanya apa aja ? dan jobdesknya ngpn aja ?

    BalasHapus
  31. Itu tes NHT materi basic nya apa aja... Ada yg tau?

    BalasHapus
  32. Liat komentar ini jadi ragu, akhirnya saya gajadi. Mungkin rejeki ditempat lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenapa gajadi ambil? maaf pengen tau alasan nya. sy juga mau interview. tapi masih ragu. karna alasan agama dan pernah denger, temen kerja disana dan gaji nya lama turun.

      Hapus
    2. Alasan agama bagi yg muslim termasuk riba juga ya. Jujur saya juga apply hci begitu liat review di sini jadinya ragu. Loker skrg pd tipu2 pialang, cr kerja susah butuh yg pengalaman

      Hapus
  33. hari ini saya ada interview coba dulu kali yah hitung hitung buat pengalaman

    BalasHapus
  34. saya besok dpet interview via zoom,tapi pas baca komen2nya jdi ragu :( apalagi harus di target:( beban bgt buat akutuh:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama deh aku juga besok interview via zoom :(

      Hapus
  35. bagi tips pas interview via zoom dihci dong kak?

    BalasHapus
  36. Hai, aku juga dpt undangan interview online sbgai desk collection,mau nanya dong di HCI ini ada penahanan ijazah gak ya? Terus intrviewnya online nya ngapain aja

    BalasHapus
  37. ada yg dapet undangan zoom buat besok?

    BalasHapus
  38. Hanya Manusia yang ingin Mencapai Kesuksesan23 September 2021 pukul 20.27

    Bagi kalian yang dapat undangan untuk bekerja di HCI, mending coba ambil deh.Lumayan kesempatan buat belajar dan upgrade skill. Proses seleksinya lumayan ketat ya. 16 Hari Training. Training ini masih tahapan seleksi. Jadi kalau ga lolos trainingnnya yah ga dibayar :)
    Training HCI ada 3 tahapan :
    1. PET (Pre-Employement Training, 2 Hari - Online)
    2. NHT (New Hiring Training, 9 Hari - Online & Offline)
    3. OJT (On Job Training, 5 Hari - Kerja Langsung di kantor Plaza Oleos)

    Sebelum bisa kerja langsung, ada kuliahnya dulu gaes banyak banget materinya + latihan2 seperti role play sampe pusing kepala haha

    Bagi kalian yg mau berkarir di HCI Semangat gaess! Hidup ini kerasss, ga kerja ga bisa makan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk PETnya itu apa ya kak?

      Hapus
    2. Untuk training dibayar perhari berapa kak?

      Hapus
    3. Sales counter jobdesk nya apa kak?

      Hapus
  39. Duh ambil gak ya, besok ada undangan video interview. Baca komentar diatas jadi ragu huhu

    BalasHapus
  40. Iya nnti juga saya intrview online apa ajasi gaes interviewnya pusing juga klo ditarget takut kena sp segitunya amat si cara kerjanya

    BalasHapus
  41. Mau tanya dong disini udah ada yang interview via zoom belom ? Kalo udah setelah itu nunggu kabar atau gimana ya ?

    BalasHapus
  42. Untuk fields collection gimana untuk wawancara nya kak

    BalasHapus
  43. Aku dapat panggilan interview lewat zoom bagian sales counter, itu kerja nya gimana ya kak?

    BalasHapus
  44. Dpt panggilan lg dr HCI untuk Telesales,, dulu pernah jd Deskcallnya,, waktu gapok masih UMR,, Insentif nya jg gede.. Peraturan gak robet ky skrg.. Smgat buat kalian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sales counter kerjanya gimana yaa kka?

      Hapus
    2. Iya yang dapet panggilam jadi SA gimana atau yg lengalaman jdi SA di hci gmna soalnya sempet nyari" potongan nya lumayan

      Hapus
  45. besok pagi jam 9 ada yang online interview hci ga??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku dapet, nantii jam 9 sudah di email sama wa + sms

      Hapus
    2. aku jam 10 via zoom. tapi barusan baca dari atas sampe bawah ragu bgt. kira2 ambil ga ya, yg bkin ragunya ya training nya yg lama itupun ga tau lolos atau engga :(

      Hapus
    3. Maaf . Ingih bertanya . Bagi sudah melakukan pra interview lewat zoom . Setelah itu apa yang harus di lakukan yah . Aku bagian desk collection

      Hapus
  46. Hallo, mau tanya apakah hari ini ada yg mau interview online dari HCI Jam 14.00 wib ? ��

    BalasHapus
  47. Besok Ada yang interview lewat zoom gasi ? Huhu habis scroll scroll jadi takut mana udah ngejawab Iya lagi ke HRD nya ����

    BalasHapus
  48. Saya hari ini interview online, pengalaman kerja 5 tahun tapi blm pernah di bidang deskcall sih tapi mau tau dan liat dulu peluang dan kerjanya kaya gimana. Kalau sreg ya ambil kalau ga sreg ya udh menjadi keharusan kita baik2 bilang gamau ambil.

    BalasHapus
  49. Ka aku bsk ada interview zoon nih, mau tanya itu kan di suruh ngirim dokumen, nah untuk semua dokumennya di jadiin 1 atau pisah2 ya dalem bentuk jpg nya?

    BalasHapus
  50. Tanggal 9 maret aku ada interview tapi isi data link nya gak bisa mulu huhu

    BalasHapus
  51. Kasih tau dong pengalaman yg udh ikut tes NHT/materi ke 2 :")

    BalasHapus
  52. Hallo apakah tanggal 31 maret ada yang dapat undangan interview online jam 13:30?

    BalasHapus
  53. untuk kalian yang baru,boleh gabung,peluang karir sangat bagus
    ada CarrierPath jelas ,tahap awal Administratif isi data kalian,lalu kita kirimkan jadwal ZOOM INTERVIEW [untuk selama covid 19]perhatikan email dan sms dari kami ya teman2 [biasanya sekitar sore jam 17]pengumuman LULUS +- 1 minggu [biasanya tidak lebih 3 hari umumnya]

    benar sekali tahapan ini

    Training HCI ada 3 tahapan :
    1. PET (Pre-Employement Training, 2 Hari - Online)
    2. NHT (New Hiring Training, 9 Hari - Online & Offline)
    3. OJT (On Job Training, 5 Hari - Kerja Langsung di kantor Plaza Oleos)

    dan ada Insentif bagi yang bisa mendapat nasabah
    perhitungan JIKA TETAP MASUK DI TRAINING dinyatakan lolos tahap akhir OJT langsung dikontrak setelah lolos OJT kurang lebih 3 bulan awal,jika tidak memenuhi syarat BERAKHIR ,desk collection memang ditujukan untuk penagihan LUNAS nasabah ,kalian ditarget pastinya oleh perusahaan PELUANG KARIR TERBUKA LUAS yuk gabung dikita,semangat ya,salam Sukses sehat selalu untuk teman2,terimakasih

    BalasHapus