Kamis, 21 November 2019

Pengalaman Interview kerja dan bekerja sebagai penunjang juru ukur di Dinas Cipta Karya Tata Ruang Kota Jakarta



         Assalamualaikum, kembali lagi bikin blog yang diharapkan dapat bermanfaat buat kalian sekaligus berbagi pengalaman. kali ini gua bakal share gimana jadi pegawai honorer di dinas terutama di dinas cipta karya. nah langsung aja, awal mulanya gua dapat info dari temen gua yang memang dia juga sebelumnya udah pernah kerja di dinas tersebut tapi di kontrak selama 3 bulan. Akhirnya gua iseng cari tau informasinya dan baca apa aja syarat untuk lowongan tersebut. Sebenernya ada beberapa point yang emang realnya gak memenuhi syarat kayak harus warga DKI, terus bersedia ditempatkan di wilayah jakarta manapun (mager jauh-jauh) apalagi suruh ke JAKUT. akhirnya gua siapin tuh berkas semua mulai dari KTP, SKCK, ijazah dll. oh iya untuk kualifikasi pendidikan minimal dari SLTA ya untuk penunjang juru ukur. Sebenernya pengen ngelamar yang syarat minimal S1 tapi kayaknya rada ribet karena harus menguasai autocad dan aplikasi sejenisnya (boro-boro autocad ms office aja belom khatam) wkwkw

         Untuk lamaran kerja kita gak apply d webnya tapi kita datang ke lokasi dinasnya ya modelnya kayak walk in gitu sekaligus verifikasi berkas. yang melamar juga banyak karena emang kan minimal pendidikan SLTA otomastis banyak yang daftar. Selama bolak balik ke kantor yang emang kantornya ada di tanah abang, kereta menjadi sarana transpotasi yang gua andelin banget karena ya jaraknya lumayan dan udah nyoba sekali bawa motor parah macetnya..buat verifikasi berkas kita nunggu tuh (di rumah) sambil khayal keterima gak ya? disini kalo bisa kalian lampirkan dokumen prestasi dll selain dokumen wajib buat bahan pertimbangan dinas. Malemnya lupa tanggal diumumkan tuh siapa aja yang lolos, ada yang lolos ada juga yang enggak (sedih). Tapi alhamdulillahnya lolos bersyukur banget dan langsung tuh diundang lagi buat datang interview dan ada testnya juga. Pas interview banyak tuh yang interview ada kali 10 orang karena pelamarnya emang banyak.

          Selama interview nanti nama dipanggil dan apalin tuh no absen sesuai dengan pengumuman keterima. nunggunya lama banget bikin laper kalo laper apa mau shalat ada kantin dan masjid tapi di luar gedung ya. terus nama gua dipanggil, ibunya baik parah sampe kita ngobrol panjang lebar ngomongin sponsor dll gara-gara ngeliat dokumen lampiran gua. Akhirnya no gua di save dong wkwk emang gua ada beberapa link perusahaan buat sponsor dan dari situ ibunya juga nawarin kenapa gak ambil lowongan lain, gua bilang susah bu aplikasi dan syaratnya ribet. setelah interview nanti ada tes lagi tentang kerjaan kita kayak harus melek maps, tau koordinat peta dll. Akhirnya lolos juga dan memang agak sulit karena peta yang dikasih burem. Apalagi kalo yang daftar orangtua karena disitu kayaknya gak ada batasan usia (udah lupa). Akhirnya lolos juga tuh nama gua ada lagi nah tapi keselnya udah rapih dan dinyatakan lolos malah kontrak 3 bulan langsung di cut atau gak jadi gitu dah dengan alasan biaya atau apalah. membuat ku kecewa (wkwkw)

           Tapi alhamdulillah emang dasar rezeki gua setelah berbulan-bulan gak ada kabar, ini dinas buka lowongan lagi dan gua harus ngulang ikutin prosedur kayak awal. dan tahapan demi tahapan gua laluin dan lolos juga dan enaknya disini gua di kontrak selama 7 bulan (saik gak tuh). nah sebelum kita turun lapangan juga ada banyak pengarahan, rapat dan cara penggunaan aplikasi. Kalo udah mantap kita langsung turun, ini juga tergantung koordinator wilayah kan nanti dibagi-bagi kelompok untuk jakarta barat, pusat, timur dll. Gua kebagian di Jakarta selatan tepatnya di kebayoran lama selatan, lumayan gak jauh-jauh banget dari rumah. Kalian pasti tau suka duka orang lapangan ya laper, ya kalo hujan kehujanan, ya capek dll itu pasti dirasain tapi kalo kitanya ikhlas dan dibawa enjoy pasti ada aja kebaikan yang datang. oh iya gajinya juga lumayan loh diatas UMR jakarta. mayan buat tambahan dan kerjanya juga nyantai kok yang penting ada komunikasi dan pelaporan data. dah itu aja sih..yang mau tanya-tanya lebih jauh komen aja ya. mksh

wassalam.... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar